Apa itu Material ACP? Fungsi dan Keistimewaannya

Pernahkah anda mendengar Material ACP sebagai salah satu bagian dari konstruksi bangunan? Jika belum, silahkan di simak artikel ini sekarang.

Material ACP pada saat ini dipakai untuk bangunan komersial seperti gedung kantoran, dan hotel mewah dan mall yang banyak terdapat di kota-kota besar.

Penggunaan material ACP untuk hunian keluarga atau rumah saat ini masih jarang yang memakai, namun ada saja yang memakai material ini untuk membuat kesan minimalis dan modern pada rumah.

Apa itu material ACP?

Material ACP adalah sebuah lembaran kaku dan kuat, namun ringan, yang mempunyai permukaan yang datar, lalu Acp juga mempunyai lapisan aluminium pada kedua sisinya. Material acp adalah singkatan dari aluminium composite panel yang biasanya di aplikasikan pada gedung-gedung besar.

Material ACP adalah perpaduan antara bahan aluminium dengan bahan composite. Campuran tadi di panaskan hingga menjadi suatu kendapan, dan endapan itulah yang akhirnya menjadi acp atau aluminium composite panel.

Jenis-jenis ACP

Material ACP mempunyai 2 jenis berdasarkan lapisan catnya, yaitu:

  1. PVDF

Jenis ACP satu ini memiliki singkatan poly de fluoride yang memiliki jenis plastik khusus yang mampu tahan terhadap asam dan basa. Inilah yang membuat pvdf di jadikan panel untuk di aplikasikan pada luar ruangan karena mampu menahan warna tetap tahan lama walaupun terkena panas dan hujan.

  1. PE 

PE memiliki singkatan dari polyester yang pada banyak sekali digunakan untuk interior suatu bangunan, karena materialnya yang tipis. PE atau polyester cocok untuk dijadikan plafon pada bagian dalam rumah anda. Untuk harga, jenis PE lebih murah dibandingkan jenis PVDF.

Sudah Baca? >>  Memanfaatkan ACP Untuk Dinding Kantor

Kami merekomendasikan Polycipta Makmur sentosa untuk material ACP mereka yang di produksi dengan kualitas tinggi dan sudah berstandar ISO  9001 & ISO 14001 yang sudah  terakreditasi internasional.

Fungsi dan Keistimewaan ACP

Material ACP memiliki fungsi utama menjadi pelapis dinding suatu bangunan.Bisa untuk pelapis indoor maupun outdoor dalam sebuah bangunan, dapat juga berfungsi sebagai penurun suhu sehingga suhu di dalam ruangan menjadi tidak terlalu panas. Fungsi lainnya material ACP adalah untuk mempercantik bangunan, karena material ACP ini terdapat banyak sekali motif yang dapat anda pakai, seperti motif kayu, granit, dan sebagainya. 

Selain memiliki fungsi tersendiri, Material ACP juga memiliki keistimewaan yang sudah dirangkum di bawah ini. Keistimewaan Material ACP adalah  sebagai berikut:

  1. Tahan terhadap cuaca

Karena ACP terbuat dari aluminium yang dimana sifat dari aluminium adalah tahan korosi dan karat, maka material ACP mampu bertahan terhadap cuaca seperti panas dan hujan tanpa harus khawatir ACP akan karatan. Karena awet dan tahan lama ini, Material ACP mampu bertahan sampai beberapa puluh tahun tanpa mengalami kerusakan.

  1. Berat yang ringan

Material ACP memiliki berat yang ringan, berat dari material ACP hanya 3 sampai 5,5kg per meter persegi yang berarti beratnya kurang dari 10kg. Inilah yang membuat pemasangan material ACP menjadi sangat mudah. Sehingga waktu pemasangan material ACP juga menjadi semakin cepat. Semakin cepat pengerjaan, semakin murah juga biaya tenaga untuk pemasangannya.

  1. Bersifat Lentur

Material ACP mempunyai sifat lentur yang memungkinkan material ini di bentuk dan di pasang sesuai dengan keinginan, peralatan yang digunakan dalam pemasangan Material ACP juga sangatlah mudah di temukan dan di gunakan. Peralatan ini sama saja dengan peralatan konvensional yang biasa digunakan sehari-hari.

  1. Tahan Api
Sudah Baca? >>  Kelebihan Material ACP Untuk Partisi Ruangan

Material ACP juga mengandung bahan polyethylene yang kandungan tersebut membuat Material ACP tahan terhadap api. Poin ini akan sangat berguna apabila di sekitar bangunan terjadi kebakaran. Bangunan yang memakai material ACP kemungkinan besar tidak mengalami kebakaran yang parah seperti bangunan lain yang tidak memakai material ACP.

  1. Tahan akan benturan

Karena sifat ACP yang kuat, material ACP mampu menahan benturan sehingga tidak mudah tergores ataupun patah. Ini juga yang membuat material ACP awet dan tahan lama, sehingga mengurangi biaya perawatan yang akan dikeluarkan.

  1. Variatif

Material ACP sangat variatif. Terbukti ACP memiliki motif dan warna yang sangat banyak sehingga memudahkan kita untuk memilih material acp yang sesuai dengan keinginan kita. Material acp juga mulai digunakan untuk rumah tempat tinggal yang ingin memiliki kesan artistic dan modern.

  1. Mudah di bersihkan

Material ACP memiliki permukaan yang rata dan datar sehingga sangat mudah apabila ingin dibersihkan. Ini poin yang sangat baik karena akan lebih memudahkan pekerja yang bertugas untuk membersihkan permukaan material ACP pada gedung-gedung perkantoran atau mall.

Kekurangan Material ACP 

Material ACP juga memiliki kekurangan yang harus anda ketahui, diantaranya adalah:

  • Jika sistem pentanahan instalasi listrik kurang baik, material ACP dapat tersambar petir.
  • Penelitian menyatakan bahwa bahan anti api pada material ACP dan lem pengikat lapisan aluminium jika terkena suhu panas akan mengeluarkan gas beracun yang berbahaya bagi tubuh.
  • Dalam keadaan suhu yang panas, lapisan dari material ACP dapat menggelembung. Sehingga visual yang ditampilkan sudah tidak indah dan menarik lagi.

Pemasangan material ACP bukanlah pemasangan yang bisa dilakukan oleh sembarang orang. Pemasangan material ACP haruslah di lakukan oleh tenaga ahli yang sudah professional sehingga hasil dari pemasangan acp sesuai dengan yang kita harapkan. 

Sudah Baca? >>  Kelebihan Material ACP Untuk Partisi Ruangan

Jangan lupa gunakan ACP berbahan PVC untuk lapisan bagian luar dan bahan UPVC untuk lapisan bagian dalam bangunan agar hasilnya lebih sempurna. Penyimpanan Material ACP juga sangat berpengaruh, simpan material di tempat yang teduh dan kering. Tempat yang lembab dapat membuat kondensasi pada permukaan material

Itulah yang dapat kami rangkum dalam pembahasan tentang material ACP yang dapat kalian pelajari, semoga dengan adanya artikel ini dapat menambah wawasan anda terkait material ACP. Jangan lupa untuk mengkonsultasikan rencana pembangunan anda kepada tenaga ahli yang profesional agar semua ekspektasi anda dapat berjalan lancar.

Jadi, sudahkah anda tertarik menggunakan Material ACP untuk rumah hunian bersama keluarga?


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *