Wrapping Sticker: Persiapan dan Alatnya

Wrapping sticker merupakan teknik modifikasi otomotif yang dimana sebagian atau seluruh bagian bodi kendaraan dilapisi atau dipasangi perlindungan seperti sticker atau sejenisnya. 

Wrapping sticker biasanya digunakan untuk melindungi kendaraan dari debu dan kotoran yang bisa menimbulkan  goresan pada bodi kendaraan anda. Tujuan dari wrapping sticker ini biasanya untuk merubah warna kendaraan dari warna aslinya, atau melindungi warna asli kendaraan dari goresan dan paparan sinar matahari yang mengakibatkan warna cat menjadi pudar.

Jenis Wrapping Sticker

Wrapping sticker mempunyai beberapa jenis bahan yang biasanya dipakai oleh orang-orang yang ini memodifikasi kendaraannya, yaitu:

  1. Sticker berbahan vinyl

Sticker berbahan vinyl ini biasanya terlihat glossy atau mengkilap. Sticker jenis ini banyak di minati masyarakat karena mobil akan terlihat mengkilap seperti baru. Namun sticker jenis ini termasuk ke dalam semi premium, yang dimana masih ada kemungkinan warnanya bisa pudar apabila terkena paparan sinar matahari.

  1. Sticker berbahan chrome

Sticker ini lebih berkilau jika terkena sinar matahari. Harga dari sticker ini kebih mahal di banding sticker vinyl.

  1. Sticker berbahan karbon

Biasanya stiker jenis ini bertekstur doff dengan pilihan warn ayang gelap atau tidak terang

Kelebihan dan Kekurangan Wrapping Sticker

Kelebihan dari wrapping sticker adalah :

  1. Dapat Mengubah Warna Kendaraan

Wrapping sticker cocok untuk kalian yang ingin mengganti warna mobil tanpa mengubah cat aslinya.

  1. Melindungi Kendaraan

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, fungsi wrapping sticker adalah untuk menjaga bodi kendaraan dari debu halus dan paparan sinar matahari. Walaupun hanya goresan halus, goresan tersebut akan terlihat dengan jelas jika terus bertambah,

  1. Pemasangan yang Cepat
Sudah Baca? >>  Apa itu Wrapping Sticker? Reklame Kreatif yang Membuat Usaha Anda Bersinar

Dengan alat wrapping sticker yang tepat, Wrapping sticker dapat menghemat waktu dan biaya daripada mengecat ulang kendaraan anda. Wrapping sticker biasanya hanya membutuhkan waktu sekitar 3 hari, sedangkan cat ulang mobil bisa membutuhkan waktu selama kurang lebih 7 hari. Dari segi harga, wrapping sticker lebih murah dibanding cat ulang.

  1. Menjaga nilai jual kendaraan

Memakai wrapping sebagai pelindung mobil dapat menjaga nilai jual mobil. Sebab, sticker mampu melindungi mobil dari goresan dan paparan sinar matahari yang membuat warna mobil pudar. Wrapping tidak akan merusak cat asli mobil kecuali anda pernah cat ulang mobil. Karena mobil yang pernah di cat ulang, pernisnya akan ikut terlepas ketika melepas wrapping sticker. Biasanya wrapping sriker pada kendaraan mampu bertahan sekitar 2 sampai 3 tahun. 

  1. Mencegah jamur

Mobil yang digunakan setiap hari akan sering terkena panas, debu, hujan, dan genangan air. Sementara tidak semua orang langsung membersihkannya. Inilah yang akan menimbulkan jamur yang ada pada bodi kendaraan anda. Wrapping sticker mampu menjaga bodi kendaraan dari jamur secara langsung.

Kekurangan Wrapping Sticker

Namun, banyaknya kelebihan ini tidak menghilangkan kekurangan yang ada. Berikut ini kekurangan dari wrapping sticker, yaitu:

  1. Bisa di Tilang

Salah satu kekurangan fatal dalam wrapping mobil adalah bisa ditilang polisi apabila warna yang digunakan tidak sesuai dengan STNK. Pemilik kendaraan yang terkena razia akan ditilang terkait perbedaan warna kendaraan dengan apa yang tertulis di STNK. Hal ini sesuai dengan UU No. 22 Tahun 2009 Pasal 288 dengan sanksi pidana paling lama kurungan dua bulan atau denda paling banyak Rp500 ribu.

  1. Sulit di Lepas

Beberapa wrapping sticker ada yang sulit dilepas, maka dari itu apabila anda ingin melepas atau mengganti wrapping sticker, ada baiknya anda jangan melepasnya secara mandiri, anda harus langsung mengunjungi bengkel agar tidak terjadi hal yang tidak diinginkan seperti ikut terkelupasnya cat mobil.

Sudah Baca? >>  Pahami Perbedaan Wrapping dan Cutting Sticker untuk Kebutuhan Anda

Persiapan dan Alat Wrapping Sticker 

Alat wrapping stiker sangat dibutuhkan. Sebelum ada memasang wrapping sticker jangan lupa persiapkan dahulu alat wrapping sticker serta bahannya agar pemasangan lebih mudah. Alat wrapping sticker dan bahannya yaitu:

  • Siapkan stikernya

Siapkan sticker yang diinginkan. Anda dapat memperoleh sticker untuk wrapping di Polycipta Makmur Sentosa yang mempunyai 43 jenis warna yang dapat ada pilih sehingga anda dapat menyesuaikan dengan keinginan anda.

Jangan lupa mengukur kendaraan anda agar sticker yang di beli dapat di sesuaikan dengan besar atau kecilnya kendaraan yang anda miliki.

  • Alat pemotong

Alat wrapping sticker lainnya adalah pemotong.  Pemotong yang digunakan dalam alat wrapping sticker biasanya menggunakan pisau cutter yang memiliki auto lock ketika mata pisau sudah keluar. Fitur auto lock ini yang sangat dibutuhkan agar pemotongan mendapatkan hasil yang rapi.

  • Kape atau rekel

Alat wrapping stiker ini berguna untuk pemasangan wrapping sticker pada kendaraan. Dengan alat wrapping sticker ini, kita mampu meratakan stiker pada bodi kendaraan. Jangan terlalu di tekan agar tidak menimbulkan goresan sehingga merusak wrapping sticker.

  • Hot gun atau heat gun

Alat wrapping sticker ini berfungsi untuk menyemburkan hawa panas yang dibutuhkan dalam pemasangan wrapping sticker yang berguna untuk melenturkan bahan sticker yang tidak rata atau bergelembung pada bodi kendaraan.

Apabila anda hanya ingin mencoba,  anda bisa menggunakan hairdryer atau bahkan korek api, namun sangat tidak disarankan untuk menggunakan  kedua alat ini karena kurang efektif dalam pengerjaannya.

Tentunya pemasangan wrapping sticker yang dilakukan akan mempengaruhi kualitas ketahan sticker yang dihasilkan. Alat wrapping sticker pun mempunyai peran agar pemasangan sticker berjalan lancar Pemasangan wrapping sticker akan sangat mengecewakan apabila pemasangannya tidak baik. Maka dari itu, pemasangan harus di lakukan oleh yang ahli karena hanya sekedar bisa belum tentu berpengalaman dan hasilnya memuaskan. Bawa ke bengkel otomotif terdekat untuk di pasangkan wrapping sticker dengan tenaga ahli yang sudah berpengalaman serta penggunaan alat wrapping sticker yang sudah ahli .

Sudah Baca? >>  Apa itu Wrapping Sticker? Reklame Kreatif yang Membuat Usaha Anda Bersinar

Harga Wrapping Sticker

Harga dari wrapping stiker ini beraneka ragam dan pastinya berbeda dari setiap daerah. Disini kami hanya menyimpulkan harga rata-rata dari berbagai daerah sebagai acuan dan perbandingan dari harga yang kalian dapatkan. Harga tersebut juga ditentukan dari jenis dan bahan yang akan digunakan, karena setiap jenis bahan mempunyai kualitas yang berbeda. Harga wrapping sticker berkisar antara:

  1. Vinyl

Untuk wrapping sticker berbahan vinyl, biasanya harga yang ditawarkan sekitar 50 ribu rupiah per meter. Atau sekitar 1 juta rupiah untuk pemasangan full body.

  1. Chrome

Wrapping sticker ini biasanya ditawarkan di kisaran 4 juta rupiah untuk full body.

  1. Doff / carbon

Harga yang ditawarkan untuk bahan sticker ini biasanya 80 ribu rupiah sampai 100 ribu rupiah per meternya.

Jadi, apakah anda sudah tertarik untuk memasang wrapping sticker pada mobil anda ? Jangan lupa selalu memperhatikan perawatan dari kendaraan yang sudah anda lakukan wrapping sticker agar selalu awet dan tahan lama. Jangan coba-coba untuk memasang wrapping sticker secara mandiri apabila skill dan pengalaman masih belum memadai. Selamat berkreasi!


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *