Atap Garasi Mobil: Model dan Bahannya

Garasi mobil merupakan salah satu bangunan penting yang harus ada di rumah kalian. Apalagi jika kalian tinggal di kota besar dan memiliki kendaraan. Karena sejatinya, garasi mobil digunakan untuk menyimpan kendaraan anda secara tertib sehingga tidak mengganggu pengguna jalan lainnya. Mempunyai garasi juga dapat menjaga kendaraan kalian dari goresan yang dapat terjadi apabila di simpan di pinggir jalan.

Garasi mobil dan carport memiliki kesamaan namun memiliki perbedaan juga. Garasi merupakan bangunan tertutup yang biasanya ada di samping rumah atau belakang rumah yang biasanya dapat langsung terhubung dari dalam rumah. Sementara carport adalah struktur terbuka yang biasanya terdiri dari atap yang didukung oleh tiang-tiang, yang dapat berdiri sendiri atau terhubung dengan rumah.

Disini kami akan membahas model garasi beserta bahannya, diharapkan artikel ini dapat membantu anda dalam memilih model garasi yang  di inginkan.

Atap garasi Mobil

Atap garasi merupakan salah satu struktur bangunan yang digunakan untuk melengkapi garasi rumah anda. Yang dapat melindungi garasi dari panas dan hujan sehingga apabila anda memiliki kendaraan di bawahnya, kendaraan anda akan aman dari goresan, paparan sinar matahari, dan guyuran hujan.

Model atap garasi mobil banyak sekali macamnya, kami akan membahas model atap garasi mobil sebagai referensi untuk kalian. Jangan lupa di simak yaa.

Model Atap Garasi Mobil

Saat ini sangat banyak berbagai macam model atap garasi mobil yang dapat kalian ikuti. Sesuaikan dengan luas garasi, konsep, dan budget, anda akan mempunyai garasi mobil sesuai dengan keinginan anda. Berikut ini, beberapa contoh model atap garasi mobil, yaitu:

  1. Atap dengan penyangga bentuk V
Sudah Baca? >>  Kelebihan Atap Garasi Mobil Transparan

Model atap garasi mobil satu ini menjadi pilihan ketika anda bosan dengan model garasi yang lurus biasa saja. Mogel ini juga dapat membuat tampilan mewah pada rumah anda.

  1. Atap dengan penyangga bentuk lurus

Model atap ini seperti garasi pada umumnya yang sederhana. Hanya ada tiang penyangga dan atap untuk perlindungannya.

  1. Atap melengkung

Model atap garasi mobil ini yang paling anti mainstream. Atapnya dibuat melengkung agar menambah kesan unik di dalamnya.

  1. Atap miring

Model Atap garasi mobil ini biasanya di buat miring kesamping sebagai modelnya. Biasanya model atap garasi mobil yang miring seperti ini digunakan di samping rumah. Atap dengan model seperti ini membuat kesan unik, estetik, dan modern.

Bahan Atap Garasi Mobil

Model Atap garasi mobil memiliki banyak jenis material yang digunakan. Kalian dapat memilih bahan untuk atap garasi seduai denan keinginan anda. Jenis materialnya adalah:

  1. Atap Baja ringan

Sesuai namanya atap ini terbuat dari bahan baja ringan, yang dimana desainnya cocok untuk rumah-rumah minimalis. Bahan baja ringan juga dapat disesuaikan dengan design rumah anda, karena sifatnya yang netral cocok untuk digunakan pada model rumah apa saja. Baja ringan juga dapat digunakan pada pintu dan jendela agar selaras.

  1. Atap Bahan Kaca

Dari segi estetika, model atap garasi mobil berbahan kaca sangat minimalis dan terlihat sangat mewah. Namun, karena berbahan dasar kaca perawatannya pun harus sangat diperhatikan. Karena apabila kotor, atap kaca tersebut akan meninggalkan bekas yang tidak mudah hilang, sehingga rumah terlihat seperti tidak terawat. Model atap garasi mobil berbahan kaca juga sangat rentan pecah apabila terkena suatu benturan.

  1. Atap Bahan Polycarbonate
Sudah Baca? >>  Model Atap Garasi Mobil yang Minimalis

Menurut pembahasan tim Polycipta Makmur Sentosa, bahan polycarbonate mempunyai tingkat kejernihan paling tinggi, ringan dan tahan terhadap benturan, cocok untuk aplikasi pada atap garasi,  atap balkon, atap, showroom dan lain sebagainya. Dan juga Polycarbonate ini merupakan solusi yang tepat sebagai alternatif pengganti kaca dan partisi instalasi, dimana produk ini cocok dikombinasikan dengan interior dan eksterior yang ada.

Model atap  garasi mobil  dengan bahan ini hampir cocok untuk semua jenis rumah. Bahan yang tidak terlalu tebal membuat bahan ini banyak dipakai oleh orang-orang yang masih ingin menikmati sinar matahari yang masuk lewat atap tersebut. Untuk perawatannya,  kanopi dengan bahan ini terbilang mudah. Cukup dibersihkan saja dengan air agar atap  tidak kotor dan tumbuh jamur. Ada baiknya juga untuk menggunakan polycarbonate anti-uv agar warna dari model atap garasi mobil tidak mudah menguning.

  1. Atap Bahan Spandek

Model Atap garasi mobil ini memakai bahan seng atau spandek. Walaupun harganya sangat murah, atap dengan bahan seng atau spandek cenderung langsung memantulkan matahari. Sehingga area yang terkena kanopi spandek menjadi lebih panas dan apabila tidak hati-hati seng atau spandek yang akan di pasang akan menjadi penyok. Agar  tidak terlalu panas dalam menggunakan atap garasi ini, ada baiknya bawah dari atap ini diberi alumunium foil agar area sekitar menjadi lebih sejuk.

  1. Atap Bahan Onduline

Atap garasi ini memakai bahan onduline sebagai materialnya. Yang dimana onduline adalah atap ringan fleksibel berbahan dasar aspal. Cocok untuk daerah tropis karena tidak berkarat atau korosi serta  tidak mengandung asbes, sehingga lebih ramah lingkungan. Atap  garasi dari bahan ini juga akan mampu meredam panas dan meredam suara saat hujan, sehingga membuat kita yang berada di dalam rumah lebih nyaman.

  1. Atap Bahan uPVC
Sudah Baca? >>  Model Atap Garasi Mobil yang Minimalis

Sama dengan atap berbahan onduline, atap garasi bahan uPVC ini juga mampu menahan panas dan dapat meredam suara hujan. Material yang dipakai berbahan dasar Unplasticized Polyvinyl Chloride (uPVC) , yang dimana material tersebut kuat sampai 10 tahun. Bahan ini juga sudah memiliki pelindung uv, sehingga lebih tahan lama, tidak mudah pecah dan menjaga warnanya agar tetap dalam kondisi baik. Atap uPVC lebih awet dibandingkan atap berbahan onduline.

  1. Atap Bahan Kayu

Atap bahan ini dipakai untuk kalian yang ingin memberi kesan hangat pada rumah. Biasanya kayu di aplikasikan menjadi kerangka pada atap garasi. Namun, kualitas serta ketahanan dari atap kayu ini tidak sebaik bahan atap lainnya. Atap kayu sangat mudah rapuh apabila terkena hujan dan matahari. Belum lagi perawatannya yang harus sangat diperhatikan, karena kayu akan mudah dihinggapi rayap dan rumah serta garasi akan terlihat tidak cantik.

Rencanakan dengan matang ingin seperti apa model atap garasi yang ingin kalian buat. Jangan lupa sesuaikan dengan bahan atap garasi yang ingin digunakan agar hasilnya maksimal. Perhatikan juga teknisi yang memasang atap garasi rumah anda. Karena apabila tidak di pasang dengan baik oleh orang yang berpengalaman, atap garasi rumah anda akan menjadi sia-sia karena kurang rapih atau malah menjadi tidak sesuai dengan keinginan anda.

Polycipta Makmur Sentosa menawarkan solusi untuk Anda yang ingin menjadi mitra. Polycipta menyediakan berbagai material seperti UPVC Roofing, Carbolux® Corrugated Polycarbonate dan Carbolux® Solid Polycarbonate. Hubungi kami sekarang juga melalui WA +62 812-1294-8909, telepon 021-5990412 / 59986887 atau email polycipta@gmail.com.


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *