Kelebihan dan Kekurangan Atap Polycarbonate Bening

Atap polycarbonate merupakan atap rumah yang materialnya menggunakan polimer yang spesial dan unik. Polycarbonate mempunyai karakter yang sangat kuat, transparan, jernih, tahan terhadap suhu, dan bisa digunakan untuk peralatan listrik dan indeks pembiasan yang cukup tinggi.

Polikarbonat adalah material yang tahan lama dan dapat dilaminasi menjadi kaca anti peluru. Meski memiliki ketahanan yang tinggi terhadap benturan, tetapi polikarbonat cukup mudah tergores, sehingga dibutuhkan pelapisan keras (hard coating). Polikarbonat sangat bening dan memiliki kemampuan mentransmisikan cahaya yang sangat baik dibandingkan dengan jenis kaca lainnya. Sifat polikarbonat mirip dengan polimetil metakrilat (akrilik), tetapi polikarbonat lebih kuat dan dapat digunakan pada suhu tinggi, meski lebih mahal dari akrilik.

Atap polycarbonate cocok untuk design minimalis dengan bobot yang lebih ringan. Atap jenis ini juga cocok untuk kalian yang ingin memiliki atap yang bening dan transparan namun tidak ingin menggunakan kaca. Harga atap polycarbonate bening jauh lebih murah dibandingkan kaca. Itulah sebabnya, bahan polycarbonate lebih menjadi pilihan orang untuk digunakan pada atap rumah mereka. Bahkan, beberapa produsen yang memproduksi material polycarbonate sudah melengkapi polycarbonate tersebut dengan anti UV sehingga cocok dengan iklim tropis yang ada di Indonesia.

Atap polycarbonate sangat diminati masyarakat, karena atap polycarbonate memiliki banyak sekali kelebihan yang ditawarkan. Berikut ini adalah beberapa kelebihan dan kekurangan dari atap rumah polycarbonate, yaitu:

  1. Kelebihan atap polycarbonate

Atap dengan material polycarbonate memiliki banyak keunggulan daripada atap lainnya, diantaranya adalah:  

  1. Dapat Meneruskan Cahaya

Karena polycarbonate ini bening dan transparan, matahari dapat masuk dengan baik ke dalam bangunan, diperkirakan 90% cahaya matahari mampu masuk ke dalam bangunan untuk menerangi. Sehingga anda tidak perlu lagi untuk menyalakan lampu pada siang hari.

  1. Mudahnya Proses Pemasangan
Sudah Baca? >>  Jenis dan Model Kanopi Minimalis dan Modern

Polycarbonate merupakan lembaran besar yang sangat mudah di pasang. Lebih mudah pemasangannya daripada atap ubin. Anda hanya tinggal menyusunnya di atas rangka atap,  lalu mengikatnya dengan baik dengan menggunakan sekrup, mur serta baut. Ukuran lembaran polycarbonate yang besar juga membuat pemasangannya lebih cepat selesai.

  1. Rangka Yang diperlukan Tidak Banyak

Karena polycarbonate ini merupakan lembaran yang besar, kerangka yang dibutuhkan pun tidak terlalu banyak serta bobot dari polycarbonate yang tidak terlalu berat membuat rangka yang dipakai hanya rangka-rangka sederhana saja.

  1. Anti UV

Walaupun atap polycarbonate ini meneruskan hampir 90% cahaya matahari, namun teknologi anti UV yang terkandung di dalamnya membuat ruangan yang ada di bawah atap polycarbonate tidak akan terlalu panas. Ini akan membuat orang di dalam ruangan tersebut menjadi nyaman dan mendapatkan pencahayaan yang baik juga.

  1. Banyak Variasi dan Pilihan

Eits, polycarbonate tidak hanya mempunyai satu jenis dan bentuk saja loh. Selain bening dan transparan, polycarbonate juga memiliki berbagai macam warna yang berbeda. 

  1. Memiliki bobot yang ringan

Atap Polycarbonate memiliki  bobot yang sangat ringan, bahkan satu lembar polycarbonate tidak sampai  mencapai 1kg. ini membuat pemasangan atap polycarbonate menjadi cepat dan efisien.

  1. Fleksibel

Polycarbonate adalah bahan yang fleksibel. Ia dapat dibentuk melengkung untuk pemasangan atap maupun lurus datar. Lurus datar disini tidak lupa harus memperhatikan sedikit kemiringan agar apabila hujan, air dapat langsung mengalir. Model atap polycarbonate juga dapat dibuat melengkung, dengan model melengkung ini rumah anda akan terlihat jauh lebih menarik dan tidak membosankan.

  1. Bergaransi

Jangan takut apabila ada kerusakan pada atap polycarbonate anda. Karena, kebanyakan produsen dari polycarbonate memiliki garansi yang cukup panjang. 10-15 tahun. Tentunya anda akan lebih tenang karena telah memakai atap polycarbonate.

  1. Menciptakan kesan Futuristik
Sudah Baca? >>  Ragam Desain Kanopi Sederhana Dan Unik

Atap polycarbonate sendiri tercipta karena kemajuan teknologi dari bidang arsitektur, kesan pertama menggunakan atap polycarbonate adalah futuristic. Pemasangan atap polycarbonate membuat rumah menjadi terlihat seperti rumah masa depan .

  1. Resiko kebocoran yang minim

Atap polycarbonate memiliki persentase rendah untuk kebocoran. Karena polycarbonate ini tidak akan mengalami kebocoran kecuali ada kerusakan yang terjadi. Di bagian sambungannya pun bisa dipastikan kalau atap polycarbonate tersebut aman dan tidak akan mengalami kebocoran.

  1. Mudah di temukan

Material dari atap polycarbonate tersebut sangatlah mudah di temukan. Polycarbonate mudah ditemukan pada toko bahan bangunan karena permintaan polycarbonate yang semakin tinggi. Pemasangan polycarbonate pada atap bukan hanya digunakan pada rumah yang ada  kota-kota besar saja, sekarang atap polycarbonate sudah di pasang di lingkungan rumah pedesaan dan tempat terpencil. ini yang menyebabkan polycarbonate mudah di temukan.

  1. Harga atap polycarbonate bening ekonomis

Harga atap polycarbonate bening  merupakan harga yang relatif lebih murah dibandingkan dengan kaca. Ini suatu perbandingan apabila anda ingin membuat atap rumah menggunakan kaca dan polycarbonate. Harga atap polycarbonate bening  juga dapat bersaing dengan harga dari material lainnya terutama kaca.

Walaupun atap polycarbonate memiliki banyak kelebihan salah satunya Harga atap polycarbonate bening yang mampu bersaing,  atap rumah polycarbonate juga memiliki beberapa kekurangan. Mari kita simak!

  1. Kekurangan Polycarbonate

Atap Polycarbonate  juga mempunyai beberapa kekutrangan, diantaranya adalah:

  1. Beresiko terkena noda

Karena polycarbonate ini bening dan transparan, polycarbonate beresiko kotor  dan apabila tidak dibersihkan, rumah akan terlihat kotor dan jorok  karena noda di atas atap carbonate yang menghalangi masuknya matahari.

  1. Sulit untuk dibersihkan

Kalau sudah kotor, atap polycarbonate sangat sulit dibersihkan karena  posisi atap yang tinggi dan bentangan atap yang cukup lebar. Sehingga apabila tidak mendapatkan perawatan yang sesuai, atap polycarbonate akan terlihat sangat kotor dan mengurangi nilai estetika pada rumah.

  1. Tidak dapat menahan bobot berat
Sudah Baca? >>  Harga Kanopi Polycarbonate per m2: Keuntungan dan Pilihan Berkualitas

Material polycarbonate sangat rapuh. Anda harus hati-hati karena apabila terkena sesuatu atap polycarbonate akan retak dan pecah .

  1. Kebocoran susah diperbaiki

Atap polycarbonate sangat aman dari kebocoran sesuai dengan yang sudah dijelaskan di atas. Namun , apabila atap ini mengalami kebocoran akan sangat sulit menambal sumber kebocoran tersebut pada atap polycarbonate karena polycarbonate tidak bisa menahan beban seseorang untuk memperbaiki kebocoran tersebut.

  1. Harga yang mahal

Harga atap polycarbonate bening ini termasuk mahal dibanding atap rumah lainnya. Namun, dilihat dari keseluruhannya, harga atap polycarbonate bening yang tidak begitu mahal  dibanding kaca memiliki ketahanan dan kualitas yang lebih baik. Jadi, menurut saya harga atap polycarbonate bening yang agak mahal  sepadan dengan seluruh keunggulan yang ditawarkan. Secara kesimpulan, Harga atap polycarbonate bening lebih murah daripada kaca, dan lebih mahal dari material lainnya.

Itulah yang dapat kami rangkum dalam artikel ini, semoga sekiranya dapat membantu anda yang sedang ingin menggunakan atap rumah bahan polycarbonate. Untuk info lebih lanjut terkait harga atap polycarbonate bening anda bisa konsultasi ke Polycipta Makmur Sentosa, harga yang ditawarkan cukup variatif dan model polycarbonate nya pun banyak. Sehingga kalian bisa menyesuaikan sesuai dengan konsep, keinginan, dan kebutuhan.


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *